Beasiswa BOP dan Bantuan Pendidikan Semester Ganjil TAhun 2009/2010

Universitas Gadjah Mada kembali akan memberikan Beasiswa BOP dan Beasiswa Bantuan Pendidikan untuk semester Ganjil 2009/2010. Adapun Alokasi jumlah penerima Beasiswa BOP sebanyak 1200 mahasiswa dan Beasiswa Bantuan Pendidikan sebanyak 300 mahasiswa (sesuai SK Rektor Nomor : 443/P/SK/HT/2008).
Adapun persyaratan untuk mendapatkan Beasiswa BOP dan Beasiswa Bantuan Pendidikan sebagai berikut :

  1. Mahasiswa program S1 reguler atau Diploma Tiga (D3) pada semester genap 2008/2009 dilampiri fotokopi Kartu Mahasiswa atau tanda bukti terdaftar semester genap tahun 2008/2009.
  2. IPK minimal dari 2,75 (dilampiri transkrip nilai) untuk Beasiswa BOP.
  3. IPK kurang dari 2,75 (dilampiri online casinos transkrip nilai) untuk Beasiswa Bantuan Pendidikan.
  4. Khusus mahasiswa angkatan tahun 2008 melampirkan copy KHS.
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
  6. Surat permohonan (terlampir) dilampiri dengan Kartu Keluarga, Surat Penghasilan Orang Tua yang disahkan bendaharawan (untuk PNS, Pegawai Swasta, TNI dan POLRI) atau Lurah untuk lainnya.
  7. Surat permohonan disampaikan ke fakultas masing-masing dilampiri Fotokopi Kartu keluarga, Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua  yang disahkan (bendaharan (untuk PNS, Pegawai Swasta, TNI dan POLRI) atau Lurah untuk lainnya.
  8. Paling lambat tanggal 19 Juni 2009 untuk diseleksi Wakil Dekan yang membidangi Kemahasiswaan dengan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas dan disyahkan ditingkat fakultas, pengiriman usulan ke universitas satu fakultas satu usulan.
  9. Data dimasukkan dalam Sistem Informasi Beasiswa.
  10. Daftar nama calon penerima Beasiswa BOP beserta berkas persyaratannya yang telah diseleksi tingkat fakultas diserahkan kepada Direktorat Kemahasiswaan paling lambat tanggal 26 Juni 2009 dan telah diurutkan berdasarkan rengking prioritas. Penulisan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) ditulis lengkap.
  11. Dengan dikeluarkannya informasi ini maka keterlambatan pengajuan beasiswa BOP dengan alasan apapun TIDAK DAPAT DITOLERIR.

Comments (26)

  • Avatar

    nitaa

    |

    SAya kn sedang mengajukan beasiswa PPA pak, tapi kn belum ada pengumuman penerimanya.. Boleh nggak saya ikut ngajuin beasiswa BOP? Kapan pengumuman penerima beasiswa PPA ? Kalo nanti ternyata saya dapat beasiswa PPA gimana Pak?

    Admin : sebelum mengajukan beasiswa BOP silahkan konsultasikan ke fakultas terlebih dahulu, kalau ternyata PPA diterima BOP akan dibatalkan.

  • Avatar

    Desyana Heru Wati

    |

    Pak,mw nanya,pake surat kterangan tidak mampu juga atau tidak?trimakasih

    Admin : silahkan kosultasikan dengan fakultas, untuk seleksi semua wewenang BEM fakultas dan petugas fakultas di universitas sudah jadi rank..

  • Avatar

    aryo

    |

    sebelum mengajukan beasiswa BOP silahkan konsultasikan ke fakultas terlebih dahulu, kalau ternyata PPA diterima BOP akan dibatalkan.

    maksudnya konsultasikan ke fakultas itu gmn ya pak ?

    Admin : untuk mengetahui apakah tidak ada dobel dengan beasiswa yang telah didaftar

  • Avatar

    nindy

    |

    pak, dikonsultasikan dengan pihak fakultas gimana maksudnya?

    memangnya fakultas sudah tau kalo kita dapat beasiswa PPA / BBM ?

    mohon penjelasannya

  • Avatar

    agung

    |

    pak apabila harus dikonsultasikan dengan fakultas masing2.,
    berarti dapat dikatakan bahwa nanti persetujuan dari tiap fakultas akan berbeda satu dengan yang lainnya,.??
    nanti ada yang diperbolehkan dan ada yang tidak,.?
    untuk pengumuman beasiswa PPA kapan ya pak,.?

    Admin : memang beasiswa bop dan bantuan pendidkan seleksi pertama ada di fakultas masing-masing (dalam hal ini BEM dan Pengurus Fakutlas) sehingga kewenangan ada di fakultas. Untuk PPA dan BBM insya Allah akhir Juni sudah selesai.

  • Avatar

    rizqa rahmawati

    |

    asslm. pak kalau mengajukan apakah harus di pusat?? saya dari d3 teknik sipil. kalau tahun kemarin kita ditampung dulu d bem. apakah tahun ini begitu?? atau menurut sepengetahuan bapak bagaimana??

    Admin : mekanismenya masih sama seperti tahun kemarin.

  • Avatar

    salma

    |

    Asslm
    pak,mau tanya beasiswa bop yang baru pengumumannya kapan,saya kmarin ikut mendaftar beasiswa vdms,tapi juga belum pengumumannya,bolehkah saya ikut beasiswa bop ini?semester kmarin saya juga dapat beasiswa bop,sy masih ingin memperpanjang,terimakasih

  • Avatar

    wiwin

    |

    assalamu’alaikum
    pak, saya mau tanya…saya kan kemarin dapat beasiswa dan beasiswa tsb berakhir bulan agustus besok..apakah saya boleh mengajukan beasiswa BOP ini???periode beasiswa BOP dari bulan apa sampai apa ya,Pak ? terimakasih

  • Avatar

    Fatimah

    |

    owh…unsur BEM ikut nyeleksi juga ya pak??
    berarti yang gak aktif di BEM gak bakal bisa lolos dong..

    Admin : memang beberapa fakultas ada yang tidak mempunyai bem sehingga mekanismenya ada di Bagian Kkemahasiswaan fakultas.

  • Avatar

    nitaa

    |

    Ck.. Konsultasinya ke bagian yg mana Pak?
    Kok cuma ke fakultas saja??
    Lagian kan di persyaratannya gak ditulis “tidak sedang dalam proses pengajuan beasiswa” ?? cum “tidak sedang menerima beasiswa lain”??
    Gmn sih Pak ?? Klo ketrima dua2 nya ya nggak salah dong Pak..
    Makanya beasiswa PPA nya diumumin dunk cepetan…

  • Avatar

    ridho

    |

    Ass, pak/bu mau tanya…maksudnya kewenangan seleksi pertama ada di fakultas itu apakah tiap fakultas ada kemungkinan berbeda mekanismenya?
    kalau misalnya mau tau sistem seleksi standar apa saja yang biasanya dilakukan tiap fakultas bisa g pak/bu?
    terima kasih atas perhatiannya!

  • Avatar

    Pito

    |

    Mohon pengumuman beasiswa ppa dipercepat ya pak.. Kalo bisa minggu ini. Sehingga tidak bnyk menimbulkan kebimbangan dalam mengajukan beasiswa Bop ini.. Terima kasih..

  • Avatar

    muthi

    |

    pak,, sya mau tanya tentng 2SKS terakhir itu gmn y?
    saya sudah mauk semester 5..

    sama SKSK itu gmn pak?

    trima kasih…

    Admin : 2 khs terakhir dari semester yang dilalui, sksk itu adalah jumlah sks kumulatif

  • Avatar

    Kris

    |

    pak, beasiswa BOP ini dalam btk apa dan besaran ny brp? thanks.

    Admin : dalam bentuk pembebasan pembayaran BOP besarannya sesuai sesuai SKS yang diambil

  • Avatar

    wiwin

    |

    pak, saya mau tanya. kemarin saya dapat beasiswa dan beasiswa tsb berakhir bulan agustus besok. apakah saya boleh mengajukan beasiswa BOP ini???beasiswa BOP berlaku mulai tahun ajaran besok kan?
    mohon jawabannya
    terimakasih

  • Avatar

    bowo

    |

    pak, IPK minimal dari 2.75 itu maksudnya IPK minimal 2.75 (di atas 2.75 diperbolehkan)?

    tadinya di kampus saya ada 2 poster dgn 2 syarat yg berbeda, tapi koq skrg yg tertempel cuma lembaran dgn syarat IPK kurang dari 2.75? knp bisa bgtu? apa ada yg disembunyikan?

    Admin ; boleh, ya memang begitulah kadang-kadang perlakuan teman anda di fakultas, sehingga web ini bisa menjadi alternatif informasi tersebut.

  • Avatar

    aris

    |

    dari komentar diatas saya belum dapat jawaban pasti.
    di fakultas juga tidak bisa menjawab.
    saya sudah mengajukan PPA. apakah masih boleh mengajukan BOP?
    kalo seandainya gak boleh sementara PPA dak turun gimana. kan jadi telat ngajuin BOP. apa ini sudah direncanakan?

    Admin : silahkan mengajukan BOP namun seandainya PPA anda disetujui maka hanya PPA yang akan diteruskan, dan perlu di ketahui bahwa kami tidak merencanakan agar mahasiswa merasa kesulitan, harap saudara mengerti kalau jadwal ini saling kejar.

  • Avatar

    salma

    |

    Asslm pak ,saya kemarin mengajukan beasiswa vdms,tapi belum pengumuman,saya masih bisa kah daftar beasiswa bop untuk memperpanjang?

  • Avatar

    Rima

    |

    siang pak.
    pertanyaan saya sama dengan beberapa pertanyaan sebelumnya,,
    jadi kesimpulannya yang sudah mengajukan PPA masih boleh mengajukan BOP ya pak?
    kalo dalam penyeleksiannya nanti, andaikan masuk buat dapet PPA dan BOP, yang akhirnya diberikan yang mana pak?
    terima kasih.

  • Avatar

    al

    |

    numpang tanya pak, pengumuman beasiswa PPA/BBM 2009-2010 kpn ya Pak?
    soalnya teman saya di UI sudah tau pengumumannya sejak tgl 3 juni kmrn..

  • Avatar

    rizal

    |

    pak saya sedang magang…klo pengajuan ke dekan setelah tanggal 19 gimana?

  • Avatar

    david

    |

    pak,saya kn dah dpt supersemar tu,klo ngjukin BOP gt blh gak????soalnya cairnya tu lama bgt.makasih.

    Admin : belum boleh tunggu saja pencairannya.

  • Avatar

    faiz

    |

    pak saya liat itu pngumpulan berkas persyaratan pling lambat
    kan tgl 19 juni, apa saya boleh mengupulkanya tgl 15 juni,masih bisa ga ya pak..terus klo mau ngumpulinya kmn?tlg ya pak

    Admin : langsung ke fakultas

  • Avatar

    rina

    |

    pak, kok persyaratan diatas no 6
    “Surat permohonan (terlampir) dilampiri dengan Kartu Keluarga, Surat Penghasilan Orang Tua yang disahkan bendaharawan (untuk PNS, Pegawai Swasta, TNI dan POLRI) atau Lurah untuk lainnya.”
    apa memang kartu keluarga asli yg harus dilampirkan?atau fotokopinya?mksh

    Admin ; cukup fotokopi

  • Avatar

    Acul

    |

    Pak,sya mw mnyakan apkah ada beasiswa untk mahasiswa baru tahun 2009/2010 mlewati jalur utul reguler?? Klo ada,apa prsyaratanny,dn dmna informsi slengkapny??

    Admin : ada PPA bagi mahasiswa baru, silahka hubungi fakultas saudara

  • Avatar

    edo

    |

    pak,, pengumuman yg d trma beasiswa bop kpn????

Comments are closed

Search